cara mempelajari linux

12 Des 2007

cara mempelajari OS Linux dengan Mudah dan cepat
  
sebenarnya tidak ada yang sulit di Linux jika anda sebelumnya sudah memahami dasar-dasar pengoperasian pada sebuah OS komputer. Jika anda sudah terbiasa dengan Windows , maka dalam waktu singkat anda akan segera memahami dan menguasai Linux.


Kesulitan yang dialami para pemula umumnya adalah berkisar pada pemilihan distro apa yang ingin atau sesuai untuk diinstall ( mengingat ada ratusan jumlah distro Linux yang ada ), pemartisian dan tekhnik instalasi dan pengaksesan data-data atau file-file yang sudah ada.


permasalah selanjutnya adalah program kerja dan tekhnis pemakaian utilitiy di sistem Linux



berikut beberapa tips yang dapat membantu bagi anda yang ingin memakai distro Linux :
  1. Pilih distro yang terpopuler . cari informasi dan dapatkan juga CD instalasi sebuah distro yang paling populer di lingkungan anda. semakin populer distro yang anda gunakan semakin banyak rekan yang memahami dan siap membantu anda jika ada kesulitan.
  2. Pakai Live CD, apa itu Live CD??? Ini adalah suatu inovasi penggunaan sistem operasi Linux. Anda tidak perlu menginstalasikan atau mengorbankan isi hardisk anda untuk mengoperasikan Linux. Dengan Live CD anda dapat menjalankan Linux secara aman pada komputer anda melalui sekeping CD, anda tinggal membooting komputer dengan Live CD, tunggu sebentar dan Linux instan siap untuk dipakai. Meskipun dijalankan dari sekeping CD, anda juga dapat menjalankan program utility dan program Linux secara lengkap dan normal seperti jika anda mengoperasikan sebuah Linux yang terinstal di Hardisk anda. Selesai menggunakan Linux anda juga dapat kembali menggunakan OS lama anda seperti sediakala . tapi semua yang telah anda edit akan kembali seperti sediakala ketika anda merestart , inilah salah satu kekurangan + kelebihan dari pemakaian Live CD.
  3. Baca dan baca. anda kesulitan mendapatkan rekan yang tangguh di Linux?? jangan putus asa. Linux menyediakan dokumentasi secara lengkap mengenai berbagai hal sesuai topik, tekhnik atau program yang ingin anda ketahui, sebagian dokumentasi sudah disajikan dalam bahasa indonesia. Dewasa ini juga sudah tersedia buku-buku Linux, pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Alternatif lain : di internet juga banyak berbagai artikel dan panduan tekhnis mengenai penggunaan Linux yang siap anda download secara gratis.
  4. Sedia hujan sebelum payung (hehehe serius amat bacanya, nyantai dikit dong bos . .), maksutnya sedia payung sebelum hujan. Back up seluruh data penting anda yang berada di hardisk  sebelum menginstall Linux. karena pada banyak kasus karena salah langkah seluruh isi hardisk akan hilang setelah proses penginstalan selesai. jadi dari pada data penting hilang entah kemana jangan lupa di back up.
  5. Buat apa repot?? " kenapa saya harus bingung memikirkan hal tekhnis. pilih distro, partisi, install, back up, apa lagi?? saya pakai windows juga tidak pernah dipusingkan dengan cara install, partisi, pilih distro de es be, de el el, de es teh, de es jeruk dan semacamnya (hehehe) semua sudah siap di PC baru saya ! saya pakai Linux hanya ingin aman dari sweeping, saya hanya membutuhkan PC untuk membuat laporan-laporan rutin dan membuat surat koq".  begitu kira-kira ungkapan sang relasi. ya , ada benernya ungkapan ini. anda tidak harus repot memikirkan tekhnis untuk bekerja dengan komputer Linux. Diluar sana sudah banyak penyedia layanan tekhnis yang akan membantu proses peralihan sistem di kantor anda. Sisihkan sedikit anggaran bagi persiapan sistem Linux di PC, dan anda tinggal menggunakannya. Mudah seperti yang telah anda lakukan di Windows.
  6. Banyak jalan menuju data. sama seperti Windows, anda dapat bekerja dan memilih aplikasi tertentu untuk melakukan tugas tertentu. Anda hanya perlu mengetahui pada aplikasi dan alternatif-alternatif program yang bisa anda gunakan. Linux memiliki beragam software untuk berbagai keperluan. cara pengoperasiannya secara umum juga sama
Sebagian besar aplikasi Linux mampu membaca dan mengolah jenis-jenis data yang telah anda buat atau anda miliki ketika memakai Windows. Misalnya file data olah dokumen, data olah angka, file presentasi, gambar, hingga koleksi film dan lagu. Lihat tip 2 untuk membiasakan diri dengan aplikasi- aplikasi Linux.

akhirnya selesai juga menulis tentang tips agar mudah mempelajari OS jeni Linux ini . . semoga bermanfaat untuk para pembaca . .

0 komentar:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

  © Blogger templates Newspaper by kaliv 2008

Back to TOP